Total Tayangan Laman

Selasa, 14 Juni 2011

PROSPEK IKLAN RADIO

Radio sebagai sarana komunikasi pemasaran dan peluang usaha, dari dulu sampai kapanpun mempunyai prospek .Di Indonesia, setidaknya ada beberapa keunggulan yang dapat dijadikan pedoman atas prospek di masa mendatang. Sat ini konsumen menjadi information minded. Informasi sudah menjadi kebutuhan hidup, sehingga perubahan di sekitarnya yang terjadi terus menerus, ditindaki berdasarkan informasi yang diterima. Olehnya itu, mereka mencari media secara aktif dengan melakukan perbandingan dengan lebih banyak sumber lainnya. Tentunya dengan melihat intensitas yang lebih tinggi. Radio merupakan salah satu sumber utama yang dicari.
Dari sisi periklanan,  otonomi daerah membawa angin segar bagi perkembangan usaha di daerah. Bila kita kembali kepada konsep bahwa radio merupakan media regional/local, maka pelaksanaan otonomi daerah akan membawa dampak yang sangat positif bagi radio di daerah. Hal yang tidak boleh diabaikan, peningkatan profesionalisme insan radio bukan hanya sebagai media massa tetapi juga sebagai business. Namun radio perlu jeli akan perubahan yang terjadi di sekitarnya, baik itu dari sisi usahanya maupun masyarakat. Dari sisi masyarakat kini lebih banyak mencari informasi dan menggunakan lebih banyak sumber dia juga lebih kritis dalam mencari dan mencerna informasi, termasuk informasi mengenai produk.ini
Pengiklan melihat dan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen antara lain untuk menjangkau konsumennya. Radio perlu menyadari hal ini dan melihat kegiatan non media sebagai pesaing yang kuat karena anggaran untuk itu akan di ambil dari media non konvensional. Melihat hal tersebut, maka radio harus lebih giat menjual diri sebagai medium karena sebagian besar produsen masih kurang memahami peran radio sebagai communications mix. Radio mempunyai peran besar dalam menyukseskan serta memanfaatkan pelaksanaan otonomi daerah, karena pelaksanaan otonomi daerah yang berhasil akan membawa manfaat ekonomi berlipat ganda bagi semua usaha di daerah.
Oleh : Reza

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar