Total Tayangan Laman

Selasa, 14 Juni 2011

Format Siaran

Format musik sebuah radio, ditentukan oleh 4 hal, yaitu jenis, era, aktifitas dan tingkat kerumitan sebuah lagu.
Jenis musik / Music Style mengacu pada bentuk musik yang dimainkan, tanpa mempedulikan bagaimana lagu itu dikemas untuk disiarkan.
Era musik / Music Time Period mengacu pada kapan musik tersebut dirilis. “Current” atau musik masa kini secara umum adalah lagu yang dirilis mulai tahun lalu, “contemporary” atau musik kontemporer / modern secara umum adalah lagu yang diproduksi dalam kurun waktu 15 hingga 20 tahun terakhir. Yang dimaksud dengan lagu “oldies” diproduksi antara pertengahan tahun 50an hingga 70an, sedangkan lagu “nostalgia” adalah lagu yang dirilis sebelum pertengahan tahun 50an.
Aktifitas musik / Music Activity Level diukur dari sejauh mana dampak dari seberapa dinamis sebuah lagu, mulai dari soft dan mellow hingga loud dan hard. Beberapa jenis musik sudah menempelkan activity level sebagai nama alirannya seperti “hard rock”, “smooth jazz”.
Kerumitan sebuah lagu / Music Sophistication tercermin pada struktur nada dan isi lirik sebuah lagu, apakah simpel atau kompleks.
Amerika selama ini dikenal sebagai pusat perkembangan dunia radio. Berbagai macam format siaran radio lahir di negara ini. Dalam tulisan ini, kita bisa mengetahui sejumlah format radio siaran yang biasa digunakan di negeri paman Sam. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan tuk menambah pengetahuan atau bahkan mempertajam format siaran radio kita.

Active Rock
Seringkali digunakan oleh radio yang menyiarkan lagu-lagu rock yang hingar bingar seperti “hard rock”, “metal”, dan “heavy metal”.
Adult Album Alternative (AAA)
Format radio yang sebagian besar siarannya memainkan musik-musik masa kini yang lebih diperuntukkan untuk memenuhi selera pendengar dewasa dibandingkan remaja. Meskipun memiliki cakupan pilihan jenis lagu yang lebih luas, namun format AAA sangat bergantung pada lagu single atau album yang dirilis, mengingat tidak semua lagu yang dirilis diperuntukkan oleh pendengar dewasa. Jenis lagu yang biasa diputar adalah jenis rock, folk-rock, country-rock, modern rock, blues, folk, and world music. Lagu jenis adult-oriented rock pada radio AAA disebut sebagai “Progressive Rock”, sama seperti sebutan bagi lagu-lagu rock di era 70an.
Adult Alternative
Format ini digunakan bagi radio yang hanya memainkan lagu-lagu hit saat ini, dengan sasaran pendengar dewasa. Jenis lagu yang diputar adalah racikan lagu rock, pop, country-rock, folk-rock dan blues. Di New York tidak ada radio dengan format ini.
Adult Contemporary (AC)
Adalah format radio yang memainkan lagu pop dan rock yang dirilis dalam kurun waktu 15 hingga 20 tahun terakhir, diperuntukkan bagi seluruh khalayak pendengar, khususnya bagi mereka yang tidak hanya tertarik mendengarkan lagu-lagu terkini. Susunan lagu pada radio dengan format AC lebih banyak memutar lagu-lagu yang mapan / established serta tidak terlalu banyak memutar lagu-lagu yang terlalu lama dan hit terkini.
Album Oriented Rock (AOR)
Format ini digunakan oleh sejumlah radio yang ingin tampil beda dibandingkan dengan radio berformat Top 40 di masa lalu, yang hanya memainkan lagu-lagu single terbaru. Radio dengan format AOR berkembang antara akhir tahun 60an dan 80an, seiring dengan masa kejayaan format lagu rock.
Alternative Rock
Radio yang lebih banyak memutar lagu-lagu rock yang lahir dari band-band grunge di Seattle pada akhir tahun 80an, hingga lagu-lagu punk/new wave akhir 70an, daripada lagu-lagu “classic” rock era 60an dan 70an. Radio dengan format ini memanjakan target pendengar remaja dengan pilihan lagu single terkini dan album-album populer. Banyak radio dan band dengan aliran moden rock dan bahkan hard rock yang berkembang menjadi alternative rock dipertengahan 90an. Masa ini dikenal sebagai masa kejayaan format Alternative Rock.
Americana
Radio yang memainkan lagu-lagu masa kini dari jenis country-rock, folk-rock, blues dan berbagai aliran musik khas Amerika dengan pangsa pendengar dewasa.
Classic Rock
Radio yang menyiarkan lagu-lagu rock yang dirilis sepanjang tahun 60an, 70an dan 80an. Format siaran ini adalah format Album Oriented Rock pada masanya (dengan pilihan lagu yang lebih terbatas) dan lebih ditujukan bagi pendengar dewasa dibandingkan remaja. Sejumlah radio dengan format ini memainkan lagu-lagu terbaru dalam jumlah yang terbatas.
Contemporary Hit Radio (CHR)
Format ini memainkan banyak lagu-lagu populer terkini, baik yang berupa single maupun album. Dalam format ini, yang dikategorikan sebagai “terkini” adalah lagu-lagu yang dirilis dalam satu tahun terakhir. Dengan demikian, CHR lebih tepat disebut sebagai “Current Hit Radio”. Di tahun 50 hingga 80an, format ini dikenal sebagai format TOP 40.
Radio dengan format CHR biasanya menyusun lagu berdasarkan survey dari perusahaan rekaman, permintaan pendengar dan sejumlah tangga lagu kenamaan seperti Billboard Hot 100. Pada bulan Desember 1998, tangga lagu Billboard Hot 100 mulai memasukkan lagu single dan mulai lebih mempertimbangkan frekwensi penyiaran dibandingkan angka penjualan dalam menentukan peringkat sebuah lagu. Kesimpulannya, tangga lagu Billboard Hot 100 dihitung berdasarkan sering tidaknya sebuah lagu diputar di radio CHR, sebaliknya, radio CHR mempertimbangkan susunan lagunya dengan melihat tangga lagu Billboard`s Hot 100.
Radio CHR berkonsentrasi pada jenis musik yang spesifik, seperti Rock atau Urban, atau jenis Rock/Pop/Dance atau R&B/Rap/Dance. Radio CHR bisa saja menyiarkan sejumlah hit yang dirilis sepanjang 10 hingga 15 tahun terakhir, terutama jika kekurangan pasokan lagu-lagu terkini.
Dance
Radio yang memutar lagu-lagu, entah baru atau tidak, yang bisa digunakan untuk menari / dancing. Pada mulanya, musik jenis ini dikenal sebagai music disko. Radio yang sering memutar musik dance terkini juga dikenal sebagai “CHR-Rhythmic”, sedangkan radio yang menyiarkan lagu-lagu dance yang dirilis dalam 2 dekade terakhir dikenal sebagai “Rhythmic AC”.
Ethnic/International
Radio yang banyak memutar acara-acara musikal, baik tradisional maupun jenis lagu yang populer dikalangan etnik, bangsa ataupun daerah tertentu dengan target siaran yang ditujukan bagi pendengar yang ada dalam kelompok ataupun daerah tertentu.
Hot Adult Contemporary (Hot AC)
Radio yang menyiarkan lagu-lagu pop komersial dan rock yang dirilis 15 hingga 20 tahun terakhir, dan dikemas rancak dibandingkan radio Adult Contemporary pada umumnya. Hot AC mengarah pada pendengar secara umum, yang tidak terlalu berkeinginan mendengarkan lagu-lagu baru.
Definisi lain dari “Hot Adult Contemporary” di industri radio adalah radio Adult Contemporary yang menyiarkan banyak lagu-lagu new rock/pop. Tidak ada aturan yang pasti mengenai berapa banyak jumlah lagu baru yang harus diputar untuk menentukan apakah sebuah radio termasuk dalam kategori “CHR” atau “Hot AC”.
Lite Adult Contemporary (Lite AC)
Adalah radio dengan format lagu popular dan rock ringan yang dirilis sepanjang 15 hingga 20 tahun terakhir. Format ini adalah format “Easy Listening” yang tak pernah mati.
Modern Rock
Radio yang menyiarkan lagu rock terkini dan dibawakan oleh artis yang terkenal dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun terakhir. Racikan musiknya adalah perpaduan antara rock dan alternative rock.
Oldies
Format yang menyiarkan lagu pop, rock dan rock ‘n’ roll yang diproduksi antara 1955-1975. Istilah yang lebih tepat untuk format Oldies adalah Golden Hits, karena lagu-lagu tersebut dirilis pada masa keemasan industri musik dunia. Lagu-lagu yang diputar bervariasi, antara lagu tahun 50an, 60an, 70an, bahkan ada yang memutar lagu-lagu tahun 80an. Jenis musiknya pun beragam ada “rock oldies”, hingga r&b oldies. Format yang sempat populer di Amerika pada tahun 90an adalah “Jammin’ Oldies” yang berisi lagu-lagu r&b oldies dari akhir tahun 60an hingga 70an.
Personality
Adalah program atau format siaran yang mengandalkan keberhasilannya pada personality penyiar atau pembawa acara untuk menghibur pendengar, entah dengan menggunakan humor, parodi, atau komentar-komentar menggelitik terhadap masalah aktual yang sedang terjadi. Program acara Personality, juga bisa berisi lagu, wawancara dan berbagai pernik acara lainnya.
Rock
Radio yang memainkan lagu rock, entah single ataupun album. Dengan berbagai keanekaragaman aliran rock saat ini, lagu-lagu yang diputar di radio ini bisa berasal dari berbagai aliran musk rock.
Rock AC
Radio yang menyiarkan lagu rock yang diproduksi antara 15 hingga 20 tahun terakhir dan ditujukan bagi pecinta lagu rock yang tidak terlalu menginginkan untuk mendengarkan lagu terbaru. Radio dengan format ini juga sering disebut sebagai “rock hits”, yang juga menyajikan lagu-lagu “classic rock” dan beberapa lagu baru dalam siaran mereka. Ada juga format yang disebut “Jack”, dimana dalam siarannya radio tersebut menyisipkan lagu-lagu pop diantara lagu-lagu rock hits yang mereka putar.
Smooth Jazz
Radio yang menyiarkan lagu-lagu pop ringan yang memiliki sentuhan “jazzy”, didesain untuk membangun suasana hati pendengarnya. “Smooth Jazz” seringkali memutar lagu-lagu dengan tempo medium, atau hip hop. Format ini kadang juga disebut sebagai New Adult Contemporary, atau “NAC”.
Standards/Big Band
Radio yang menyiarkan musik-musik yang dimainkan oleh Big Bands pada akhir tahun 30 hingga 40an, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi yang diiringi Big Band pada tahun 40an dan 50an, dan/atau lagu-lagu dengan model yang serupa namun dimainkan oleh band masa kini. Format yang ditujukan bagi pendengar dewasa ini, kadang juga disebut sebagai format nostalgia. Sejumlah radio juga memutar lagu-lagu non pop rock yang dirilis dalam kurun waktu 60 tahun terakhir.
Talk
Adalah format atau program acara yang sebagian besar berisikan diskusi yang dipandu oleh pembawa acara atau penyiar mengenai peristiwa aktual atau topik-topik lainnya. Biasanya program perbincangan dilakukan dengan mengundang tamu ke studio atau melakukan pembicaraan dengan narasumber atau pendengar melalui telpon. Pembicara bisa berasal dari berbagai latar belakang keahlian. Kesehatan, pengobatan, politik dan masalah keuangan biasanya menjadi topik yang popular.
Urban
Radio atau acara radio yang memutar lagu-lagu seperti rap, hip-hop, r&b, and soul, atau yang dikenal dengan musik rhythm & blues beberapa dekade yang lalu. Racikan lagu yang diputar oleh radio Urban, sangat tergantung pada usia sebagian besar target pendengar. Ada juga radio Urban dengan target pendengar dewasa, yang menyiarkan lagu-lagu soul dan r&b yang diproduksi lebih dari 20 tahun lalu dan dikenal sebagai “Urban AC”.
World Music
Acara radio yang memutar lagu-lagu yang mengangkat berbagai bentuk musik dari berbagai daerah di dunia, meskipun belum tentu dimainkan oleh musisi dari daerah yang bersangkutan atau semata-mata ditujukan untuk pendengar yang berasal dari daerah tersebut.
Format Musik Lainnya
Masih banyak format musik lain yang populer, termasuk Jazz, Classical, Spanish, dan Country. Di sejumlah wilayah di Amerika, jenis-jenis musik tersebut sudah termasuk sebagai sub kategori format-format siaran di atas.

by alex santosa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar