Total Tayangan Laman

Selasa, 14 Juni 2011

KEUNGGULAN RADIO & KEKURANGAN RADIO


KEUNGGULAN RADIO

Cepat dan langsung
            Sarana tercepat, lebih cepat dari koran ataupun TV,  dalam menyampaikan informasi kepada public tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu banyak seperti siaran TV atau sajian media cetak.hanya dengan melalui telefon,reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita atau melaporkan peristiwa yang ada dilapangan.

Akrab
            Radio adalah alat yang akrab dengan pemiliknya.anda jarang sekali duduk dalam satu grup dalam mendengarkan radio; tetapi biasanya mendengarkannya sendirian, seperti di mobil, di dapur, di kamar tidur, dan sebagainya.

Dekat
            Suara penyiar hadir dirumah atau didekat pendengar. Pembicaraannya langsung menyentuh aspek pribadi(interpersonal communications).

Hangat
            Paduan kata-kata,musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar. Pendengar akan bereaksi atas kehangatan suara penyiar dan sering kali berfikir bahwa penyiar adalah seorang teman bagi mereka.

Sederhana
            Tidak rumit,tidak banyak permik,baik bagi pengelola maupun pendengar.

Tanpa batas
Siaran radio menembus batas-batas  geografis,demografis,SARA(suku,agama,ras,antar golongan), dan kelas social.hanya”tunarungu” yang tak mampu mengkonsumsi atau menikmati siaran radio.

Murah
Dinbandingkan dengan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatife jauh lebih murah. Pendengar pun tidak dipungut bayaran sepeser pun untuk mendengarkan radio.

Bisa mengulang
Radio memiliki kesementaraan alami(transient nature)sehingga berkemampuan mengulang informasi yang sudah disampaikan secara cepat.

Fleksibel

Siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktivitas yang lain,seperti memasak,mengemudi,belajar,dan membaca Koran atau buku.

KELEMAHAN RADIO
Selintas
Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan.pendengar tidak bisa mengulang apa yang didengarnya,tidak bisa seperti pembaca Koran yang bisa mengulang bacaannya dari awal tulisan.

Global
Sajian informasi radio bersifat global, tidak detil. Karaenanya angka-angka pun dibulatkan.misalnya penyiar akan menyebutkan “seribu orang lebih”untuk angka 1053 orang.

Batasan waktu
Waktu siaran radio relatife terbatas,hanya 24 jam sehari, berbeda dengan surat kabar yang bisa menambah jumlah halaman dengan bebas. Waktu 24 jam sehari tidak bisa ditambah menjadi 25 jam atau lebih.

Beralur linier
Program disajikan dan dinikmati pendengar berdasarka urutan yang sudah ada, tidak bisa meloncat-loncat.dengan surat kabar,pembaca bisa langsung ke halaman tengah, akhir, atau langsung ke rubric yang ia sukai.

Mengandung gangguan
Seperti timbul tenggelam(fading)dan gangguan teknis”chanel noise factor”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar